PENERAPAN PENELITIAN STUDI ISLAM PADA ASPEK FIQIH

A.    Latar Belakang Masalah
Imam Syafi’i, yang dikenal sebagai pendiri Madzhab Syafi’i adalah Muhammad bin Idris Asy-Syafi’I Al-Quraisyi. Beliau dilahirkan di Gazzah, pada tahun 150 H, bertepaatan dengan wafatnya Imam Abu Hanifah.[1]
Meski dibesarkan dalam keadaan yatim dan dalam satu keluarga yang miskin, tidak menjadikan beliau merasa rendah diri, apalagi malas. Sebaliknya, beliau bahkan giat mempelajari hadis dari ulama-ulama hadis yang banyak terdapat di Makkah. Pada usianya yang masih kecil, beliau juga telah hafal Al-Qur’an.
Pada usianya yang ke 20, beliau meninggalkan Makkah mempelajari ilmu fiqih dari Imam Malik. Merasa masih harus memperdalam pengetahuannya, beliau kemudian pergi ke Iraq, sekali lagi mempelajari fiqih, dari murid Imam Abu Hanifah yang masih ada. Dalam perantauannya tersebut, beliau juga sempat mengunjungi Persia, dan beberapa tempat lain.[2]
Setelah wafat Imam Malik (179 H), beliau kemudian pergi ke Yaman, menetap dan mengajarkan ilmu disana, bersama Harun Al-Rasyid, yang telah mendengar tentang kehebatan beliau, kemudian meminta beliau untuk datang ke Baghdad. Imam Syafi’i memenuhi undangan tersebut. Sejak saat itu beliau di-kenal secara lebih luas, dan banyak orang belajar kepadanya. Pada waktu itulah madzhab beliau mulai dikenal.
Tak lama setelah itu, Imam Syafi’I kembali ke Makah dan mengajar rombongan jamah haji yang datang dari berbagai penjuru. Melalui mereka inilah, madzhab syafi’i menjadi tersebar luas ke penjuru dunia.
Pada tahun 198 H. Beliau pergi ke negri Mesir. Beliau mengajar di masjid Amru bin As, beliau juga menulis Kitab Al-Um, Amali Kubra, kitab Risalah, Ushul Al-Fiqh, dan memperkenalkan , Waul Jadid sebagai madzhab baru. Adapun dalam hal menyusun kitab Ushul Fiqh, imam Syafi’i dikenal sebagai orang pertama yang mempelopori penulisan dalam bidang tersebut.[3]
Di Mesir inilah akhirnya Imam Syafi’i wafat, setelah menyebarakan ilmu dan manfaat kepada banyak orang. Kitab-kitab beliau hingga kini masih dibaca orang, dan makam beliau di Mesir sampai detik ini masih ramai diziarahi orang. Sedang murid-murid beliau yang terkenal, diantaranya adalah Muhammad bin Abdullah bin Al-Hakam. Abu Ibrahim bin Ismail bin Yahya Al-Muzani, Abu Ya’qub Yusuf bin Yahya Al-Buwaithi dan lain sebagainya.



[1] M Ali Hasan. Perbandingan Madzhab. (Jakarta: UI-Press, 1987). hal. 203
[2] Ibid hal. 203
[3] Ibid hal. 204

dokumen lengkap dapat di download disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah makam ketaq

Sejarah Makam Serewa yang ada di lombok tengah