Sejarah Makam Serewa yang ada di lombok tengah
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur ke
hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nyakarena kami dapat menyelesaikan
penyusunan makalah ini. Adapun dalam penulisan makalahini, materi yang akan dibahas
“SEJARAH SINGKAT MAKAM SEREWE”
Kami menyadari sepenuhnya bahwa di dalam penulisan
makalah ini banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan
adanya kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan penulisan makalah
ini.Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada teman teman yang membantu penyusunan makalah ini, khususnya
kepada guru pembimbing mata pelajaran yangbersangkutan.Akhir kata semoga makalah ini
dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapatmenambah wawasan kita dalam mempelajari
“SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM”
serta dapat digunakansebagaimana
mestinya
DAFTAR
ISI
HALAMAN SAMPUL.......................................................................................... 1
KATA PENGANTAR............................................................................................ 2
DAFTAR ISI........................................................................................................... 3
BAB I
PENDAHULUAN................................................................................................. 4
A.Latar Belakang..................................................................................................... 4
B.Permasalahan
Penelitian....................................................................................... 4
C.Tujuan
Penelitian.................................................................................................. 4
BAB II
- pembahasa ................................................................................................... 51. Asal usul makam serewe.......................................................................... 5
2 .Kisah berdirinya kerajaan
pejanggik ....................................................... 5
3.menghilangnya raden pemban aji.............................................................. 5
4. cara masyarakat mengenang
kerajaan ..................................................... 6
5.Benda yang dipercayai keramat................................................................ 7
BAB III
1. kesimpulan......................................................................................................... 10
2.saran.................................................................................................................... 10
BAB
1
PENDAHULUAN :
- Tujuan
Penulisan
makalah ini bertujuan untuk menanmbah wawasan , dan memperdalam pengetahuan
tentang materi yang berkaitan.
- RUMUSAN MASALAH
Ketidak tahuan
tetntang sejarah makam serewe.
- LATAR BELAKANG PENULISANPenulisan makalah ini di latar belkangi oleh pemberia tugas oleh guru pembimbing, dan keingintahuan siswa tentan sejarah kerajaan islam di pulau lombok.
BAB II
PEMBAHASAN
1.ASAL USUL
MAKAM SEREWE
Makam serewe
berasal dari sebuah kerajaan yang di pimpin leh seorang raja pemberani dari
pejanggik yang bernama” Raden Pemban Aji Mutar Jaga”. Beliau memimpin kerajaan
pejanggik dengan kebijaksanaannya, sehingga sang raden sangat di banggakan
masyarakat pejanggik
2.KISAH BERDIRINYA KERAJAAN PEJANGGIK
Kerajaan
pejanggik mulai ocar kacir disaat kedatangan Anak Agung dari Bali yang ingin
menguasai kerajaan pejanggik, sehingga seiring waktu berjalan disamping Anak
Agung ingin menguasai Kerajaan Pejanggik raden Pemban tetap mempertahankan
kerajaannya, sehingga seseorang yang bernama Arya Banjar Getas menjadi pepadu
dari kedua belah pihak tersebut sehingg mengakibatkan terjadi peperangan. Di
sisi lain, berdirinya kerajaan pejanggik lebih disebabkan karena kerajaan
selaparang yang di anggap mampu mengayominya ternyata tidak mampu menjaln
hubungn yang harmonis dengan wilayah sekitar. Maka kerajaan pejanggik pun
melepaskan diri dari selaparang. Berbeda dengan selaparang yang merupakan
daerah pesisir, maka Pejanggik merupakan kerajaan yang berada di wilayah pedalaman. Kerajaan
Pejanggik yang terletak di daerah pedalaman memang cendrung statis, akan tetapi
kondisinya lebih tenang dan penuh dengan kewibawaan. Daerah kekuasaan pejanggik meliputi pantai
barat sampai pantai timur pulau lombok,
dari belongas hingga tanjung ringgit.berdirinya kerajaan pejanggik
bermula dan menyepinya Deneq Mas Putra Pengendengan segara katon ke daerah
Rambitan. Beliau di dampingi oleh
putranya, Deneq mas komala sempopo, yang kemudian menurunkan raja raja pejanggik.
Dari keturunan deneq mas komala dewa sempopo inilah pada generasi ke lima
menurunkan Deneq Mas Komala Sari. Kemudian deneq mas unda putih pada generasi
ke - 6 dan di lanjutkan oleh Deneq Mas Bekem buta intan komala sari pada
generasi ke – 7. Kakak Deneq mas bekem buta intan komala sari yang bernama
Pemban mas aji di lantik sebagai raja muda dan mewakili gowa di Sembawa pada
tanggal 30 November 1648 M. Sejak itulh tercatat bahwa kerajaan pejanggik mulai
mengalami perkembangan.
3. MENGHILANGNYA
RADEN PEMBAN AJI
Berawal
dari keinginan Awak Agung yang ingin meguasai kerajaan Pejanggik dari sanalah
mucul konfli konflik antara Raden pemban aji mutar jaga dengan Awak agung yang
berasal dari bali dan dengan hasutan dari Arya Banjar Getas sehingga terjadi
peperangan yang berlangsung selama 1 minggu sehingga kemengan jatuh pada tangan
Raden Pemban aji dan peristiwa yang paling mencemaaskan, disaat perang
berlangsung , masyarakat pejanggik berkeliaran menyebar ke semua penjuru pulau
lombok karena tidak mau menjadi korban d saat peperangan berlangsung . kemudian se usai peperangan ,Raden Pemban
Aji menghillang dan hanya menyidakan air liurnya, dan di tempat ir liurnya itu
lah tempat di taruhkan batu nisan dn di buatkan sejenis gubuk kecil untuk
melindunginya , eperti pada gambar di
bawah :
4.CARA
MASYARAKAT MENGENANG MASA KERAJAAN
Karena
kerajaan pejanggik ini sangat di cintai oleh masyarakat pejanggik jad
masyarakat pejanggik pada khususnya dan semua orang pada umumnya oleh karena
itu mereka memiliki tradisi untuk mengenang masa masa yang bersejarah pada
jaman kerajaan dulu, maysrakat pejanggik memperingati ato mengenngnya dengan
melakukan suatu tradisi yang mungkin sdah tidak asing lagi kita dengar yaitu
“PERANG TIMBUNG”.
Timbung
adalah makanan yang berbahan dasar ketan kemudian di bungkus dengan kulit
pisang dan dimasukkan ke dalam bambu dan di bakar, itu lah yang digunakan
masyarakat untuk saling lempar, sehingga tradisi ini dinamakan PERANG TIMBUNG.
Dan perang timbung ni di lakuakan pertma kali pada zman kerajaan ada seorang
laki laki dengan wanita saling lempr dengan sesuatu kmadian siapa yang terkena
dengan lemparanna itu yang menjadi jodohnya.
5. BENDA BENDA
YANG DI PERCAYA KERAMAT OLEH MASYARAKAT SEKITAR MAKAM
1. Pohon asam
Pohon
ini di perkirakan sudah berumu ½ abad, dan itu bisa di buktikan dengan
kebesaran atau lebarnya pohon tersebut, yang paling menggemparkan dri pohon ini
adalah pohon ini terlihat dari wilayah Lombok Timur.
2. Sumur Tanah
Sumur
ini memiliki banyak sekali cerita mistis yang dapat di percayai oleh banyak
masyarakat dan bisa membuat masyarakat menjaga kepercayaannya terhadap
kekuasaan Allah SWT, yang di perantarai oleh sumur itu.
-ada beberapa
hal yang dilakukan pada sumur itu :
A. Pengunjungan
Sumur
itu selalu dikunjungi oleh masyarakat setiap sebelum menanam padi, dengan
mempercai bahwa Allah SWT, akan memberikan keberbakahan di perantai sumur itu,
caranya yaitu orang yang bersangkutan langsung mengambil tanah dari sumur itu,
dan yang aneh lagi sumur ini yaitu, orang yang memiliki niat buruk tidak akan
bisa mengambil tanah dari sumur itu sekalipun lengan dari oang itu panjang. Sekalipun hujan
lebat sumur ini tidak pernah menampung air.
B
Yang memilki hajat
Orang yang memiliki hajat terhadap sesuatu
datang kesana untuk mengambil tanahnya, dan dia berjanji akan kembali jika
hajatnya itu sudah tercapai, saat hajat atau apa yang di harapkan itu sudah
tercpai , orang tersebut akan datang membawa kambing putih atau kambing hitam
dan akan menyembelihnya di sana.
Gambar
Sumur :
3.Pohon
Kamboja
Semua makam akan mudah di tandai dengan melihatnya dari
jauh yaitu dengan adanya pohon kamboja, seperti makam makam yang lain, makam
serewe juga memiliki pohon kamboja. Pohon kamboja ini juga memiliki keunikan,
yaitu sebanyak pohon kamboja dan sebesar apapun pohon kamboja yang berada di
sana tidak ada yang melengkung ke dalam makam, melainkan ke luar makam semua.
Seperti
pada gambar di bawah :
BAB
III
PENUTUP :
- KesimpulanMakam serewe merupakan makam yang menjadi salah satubukti sejarah bahwa pernah adanya Kerajaan Pejanggik yang berlokasi di daerah Pejanggik, Praya Kabupaten Lombok Tengah. Dimana di makam ini tempat di kebumikan para raja beserta keluarga dari raja pejanggik. Yang hingga saat inimenjadi catatan sejarah untuk masyarakat pejanggik khususnya pada masyarakat lombok pada umumnya hingga saat ini makan ini tetap menjadi salah satu objek keagamaan bagi masyarakat.
- Saran
makam
serewe telah menjadi sejarah, dan oleh sebab itu kita sebagai pemuda sasa
memiliki tugas untuk mempertahankan sejarah tersebut kemudian menceritakan
sejarah tersebut kepada yang belum mengetahuinya dan membudayakan budaya sasak,
kemudianmengerti kerajaan Pejanggik dan menjaga tradisinya.
Komentar
Posting Komentar